Sunday, October 10, 2010

STASIUN KERETA API BOGOR DAN SURABAYA-PASAR TURI


1.  Stasiun Kereta Api BOGOR
Statiun kereta api Bogor jaman dulu
Stasiun Bogor (kode: BOO) adalah stasiun kereta api di Kota Bogor, Indonesia yang dibangun pada tahun 1881. Stasiun ini terutama memberangkatkan Kereta Rel Listrik (KRL) yang melayani kawasan Jabotabek,

Stasiun kereta api Bogor tahun 1890
yakni menuju Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Tanahabang. Selain itu terdapat pula Kereta Rel Diesel (KRD) yang melayani rute Sukabumi-Bogor bernama Kereta api Bumi Geulis. Stasiun ini disibukkan oleh komuter (penglaju) dari Bogor maupun dari Sukabumi menuju ke Depok dan Jakarta.

Kereta api di stasiun Bogor
Terdapat puluhan jadwal perjalanan KRL dari stasiun ini setiap harinya; terdiri dari KRL ekonomi, KRL ekonomi-AC, dan KRL ekspres Pakuan. Kereta Pakuan dengan lintasan Jakarta-Bogor-Jakarta, tarifnya Rp. 11.000 satu arah, dan telah dilengkapi dengan penyejuk udara semenjak tahun 2000.

Dari kiri ke kanan: KRL buatan Jepang tahun 1983/1984, buatan Belanda-Belgia 1996, dan buatan Jepang 1986/1987

Apabila sudah sampai di stasiun Kereta Api Bogor dan akan berkeliling di Bogor serta tidak dijemput maka bisa menggunakan kendaraan angkutan kota (angkot) yang banyak mangkal (a.l jurusan ke kota Bogor), dan harus tahu jurusannya atau bertanya, kalau mau ke arah Gunung Batu dst maka jalan dikit nyebrang di depan Taman Topi atau depan Toko Matahari.
Sekalian saja mengenai keterangan tempat di Kota Bogor, Taman Topi ini bernama Taman Kebon Kembang tempat orang berwisata, namun pada tahun 1980-an taman ini berubah fungsi menjadi terminal angkutan kota karena letaknya yang strategis di muka Stasiun Bogor. Terminal tersebut kemudian direnovasi menjadi Taman Topi yang mengusung konsep Bangunan berbentuk Topi, kala itu Taman Topi merupakan salah satu alternatif tempat berwisata sebelum ledakan mal dan plaza melanda Bogor. Taman topi dilengkapi berbagai wahana permainan namun pada sejak tahun 1994 sampai saat ini (tahun 2007) tempat ini menjadi tidak terawat baik karena dikepung oleh pedagang kaki lima dan angkutan kota.
2.  Stasiun Kereta Api SURABAYA PASARTURI
Stasiun Surabaya Pasarturi (kode:SBI) dibangun tahun 1938 dan terletak di jalan Semarang Surabaya adalah stasiun kereta api di perbatasan antara Gundih, Bubutan, Surabaya dengan Tembok Dukuh, Bubutan, Surabaya. Stasiun ini merupakan tempat keberangkatan utama semua kereta api dari kota Surabaya yang melewati jalur Pantura (Surabaya-Bojonegoro-Cepu-Semarang-Jakarta) antara lain KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya), KA Sembrani (Jakarta-Surabaya), KA Gumarang (Jakarta-Surabaya), KA Rajawali (Semarang Tawang-Surabaya),
dan KA Kertajaya (Pasar Senen-Surabaya). Sedangkan kereta api jalur selatan maupun timur dari kota Surabaya diberangkatkan dari Stasiun Surabaya Gubeng.

Nama Pasarturi diperoleh karena dahulu di sekitar stasiun ini banyak terdapat pohon turi. Ke arah timur dari stasiun ini terdapat pusat grosir yang menjual aneka ragam barang. Di bawah pusat grosir inilah, jalur kereta api muncul sebelum melintasi Jl. Dupak.
Sumber a.l: Dari Wikipedia bahasa Indonesia

No comments:

Post a Comment